Selasa, 21 Juni 2011

Investasi Reksadana (Bagian 2)

  • Saya mulai tertarik nih investasi di reksadana, apa yang harus saya perhatikan ketika membeli reksadana?
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan: 
1. Mintalah prospectus reksadana dari agen penjual. Prospektus ini bisa didapat secara GRATIS melalui agen penjual RD atau dapat dicari melalui website. 
2. Tentu setelah memiliki prospectus maka perhatikan beberapa hal didalamnya yaitu: Komposisi investasi (ini mencerminkan apakah RD itu RDPU, RDPT, RDC atau RDS), Siapa manajer investasi dan bank kustodiannya? BIaya apa yang dikenakan pada reksadana?
3. Mintalah Fact Sheet terakhir. Fact sheet merupakan gambaran ringkas mengenai reksadana yang berisi informasi penting seperti kinerja RD sejak pertama kali diterbitkan, kinerja RD selama satu tahun terakhir, kinerja RD dibandingkan dengan benchmark, dan komposisi 5 besar investasi dari RD.
4. Setelah memperoleh semua data di atas, maka pilihalah RD sesuai dengan profil risiko dan time horizon investasi anda.

  • Lho ternyata ada biaya yah kalau kita membeli atau menjual reksadana?
Ada beberapa reksadana yang tidak mengenakan biaya pembelian (Subscription fee) atau biaya penjualan (Redemption fee) seperti RD Pasar uang. Namun ada pula RD yang mengenakan biaya yang lazimnya adalah RD saham dan campuran. Ingat biaya pembelian atau penjualan itu adalah maksimum sebagaimana yang ada dalam prospectus. Jadi bisa kita nego bila dana kita besar. Lazimnya biaya pembelian atau penjualan adalah maksimum 3%.

  • Kalau saya beli saham kan satuannya lot (1 lot = 500 lembar), terus kalau beli reksadana satuannya apa yah?
Satuannya kita sebut sebagai unit penyertaan. Ketika pertama kali diterbitkan semua reksadana bernilai Rp. 1.000,- untuk tiap 1 unit penyertaan atau yang lebih dikenal sebagai Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau bahasa kerennya Net Asset value (NAV). Sehingga bila kita membeli sebanyak Rp. 2 juta atas reksadana MAWAR yang baru saja diterbitkan dengan harga Rp. 1.000,-; maka kita akan memperoleh unit penyertaan sebanyak Rp. 2 juta/ Rp. 1.000 = 2.000 unit penyertaan (dengan asumsi tidak dikenakan biaya pembelian.)

  •  Lho gimana kalau kita dikenakan subscription fee (SF) 2%, maka saya dapat berapa unit penyertaan?
Kalau ada biaya pembelian maka unit penyertaan yang kita peroleh dapat dihitung dengan rumus:
UP ={ jumlah uang yang kita investasikan x (1-SF)} / NAB
Jadi dengan menggunakan contoh di atas maka kita akan mendapatkan unit penyertaan RD MAWAR sebanyak:
UP = {2.000.000 x (1-2%)} / 1.000 = 1.960 Unit penyertaan (UP)

  • Terus gimana kalau kita menjual dan dikenakan redemption fee sebesar 3%?
Dari contoh di atas, saat ini kita memiliki 1.960 unit penyertaan (UP), bila pada saat penjualan NAB pada hari tersebut adlah Rp. 1.100,- maka uang yang kita peroleh dapat kita hitung dengan menggunakan rumus:
Nilai Pencairan = (UP x NAB) – (UP x NAB x Redemption fee)
Berarti:
Nilai pencairan = (1.960 x 1.100) – (1.960 x 1.100 x 3%)
                        = 2.156.000 – 64.680
                        = 2.091.320

  • Kalau saya tadi semula punya RD MAWAR dan saya ingin menggantinya dengan RD MELATI, apakah berarti saya harus jual dulu RD MAWAR kemudian saya beli RD MELATI? Berarti kan saya rugi karena kena biaya 2 kali yaitu saat menjual RD MAWAR dan saat membeli RD MELATI. Benar nggak?
Untuk mengganti dari RD MAWAR ke RD MELATI (dalam satu manajer investasi yang sama) maka kita tidak perlu kena 2 kali biaya. Dalam kasus ini kita hanya kena satu kali biaya yaitu  SWITCHING FEE contoh 2,5%. Bila saat ini harga RD MELATI adalah 1.200, sedangkan RD MAWAR 1.100 dan kita punya unit penyertaan 1.960, maka dengan melakukan pergantiand ari RD MAWAR ke RD MELATI kita akan memperoleh RD MELATI Sebanyak:
Unit Penyertaan Baru = (Unit yang dialihkan x NAB yang dialihkan)
NAB unit yang baru
Jadi UP MELATI = (1.960 x 1.100) / 1.200 = 1796,67
Berarti kita akan memperoleh unit penyertaan yang baru yaitu RD MELATI sebanyak 1.796,67 UP.

  • Kalau kita beli reksadana terus dapat apa bukti kepemilikannya?
Setelah kita membeli reksadana maka dalam waktu +/- 2 minggu kita akan memperoleh bukti sertifikat yang dikirim oleh Bank Kustodian dan Manajer Investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar